KLHK Adakan Pertemuan Bagi PI dan Lembaga Sertifikasi untuk Menjalin Komunikasi dan Koordinasi

Direktorat Pengelolaan Hutan Produksi Lestari, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) difasilitasi oleh Multistakeholder Forestry Programme (MFP3) melaksanaan kegiatan dengan judul “Komunikasi dan Koordinasi Lembaga Penilai dan Verifikasi Independen (LP&VI) dan Pemantau Independen (PI) pada hari ini (15 Agustus 2017) di Bogor.  PI dan LP&VI sangat mengapresiasi upaya KLHK dan MFP3 dalam menjembatani kedua-belah pihak untuk menjalin komunikasi dan koordinasi melalui pertemuan ini.

Dalam pertemuan ini diharapkan dapat membahas setidaknya enam poin yang dirasa penting untuk didiskusikan bersama, antara lain proses dan implementasi pelaksanaan audit, cara pandang LP&VI dan PI terhadap prinsip, kriteria dan indikator dalam SVLK, keterbukaan informasi, penyelesaian kasus terkait SVLK, keberlanjutan pendanaan pemantauan bagi pemantau independen, pelaksanaan pemantauan, dan revisi Perdirjen PHPL.

KLHK berpandangan, keberadaan LP&VI dan PI merupakan elemen kunci dalam menjaga serta menjamin krediblitas SVLK oleh karena itu penting bagi PI dan LP&VI untuk menjalin komunikasi dan koordinasi. Ayamaru menambahkan “Dengan adanya laporan keluhan yang disampaikan oleh PI dapat menjadi perbaikan bagi kerja LP&VI kedepannya, selain itu, laporan keluhan yang diajukan PI juga diharapkan dapat menjadi suatu upaya konstruksi dalam pelaksanaan SVLK”. Disisi lain, KLHK sebagai regulator harus turut serta dalam proses penyelesaian keluhan PI dan LP&VI.

Berbagai masukan dan rekomendasi yang dihasilkan dalam pertemuan ini, baik kepada PI, kepada LP&VI, dan kepada KLHK sebagai pemilik sistem. Selain itu, untuk menjamin keberlanjutan pemantauan, Yayasan Pemantau Independen Kehutanan (YPIK) berharap inisiasi trust fund yang telah didirikan oleh multipihak dapat juga didukung oleh KLHK melalui perdirjen terkait SVLK.

Pertemuan untuk membangun komunikasi dan koordinasi antara PI dan LP&VI penting untuk terus dilaksanakan. Harapannya kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin, sehingga kerjasama PI dan LP&VI dapat meningkat dan terus terjaga dalam menjamin kredibilitas SVLK.